Apa itu Serat Optik ?

Bissmilah, kali ini saya akan memposting mata kuliah yg pernah saya dapat yaitu SKSO(sistem komunikasi serat optik) mudah-mudahan poostingan saya kali ini bermanfaat untuk kalian. kalian pasti pernah dengar tentang serat optik, paling enggak pernah liat di pinggiran jalan penggalian jalur serat optik. hampir semua komunikasi sekarang banyak menggunakan serat optik, karena transmisi menggunakan serat optik lebih cepat dan effisien. sebelum lebih jauh yuk kita bahas serat optik dr awal.

1. Apasih serat optik itu ?

Serat optik merupakan saluran transmisi yang terbuat dari serat kaca murni atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan data atau informasi,serat optik mentransmisika data menggunakan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser atau LED,sehingga kecepatan transmisi seepat kecepatan cahaya yaitu 3×10 pangkat 8,karena transmisi serat optik sangat tinggi sehingga sangat bagus digunakan sebagai saluran komunikasi. Serat optik berdiameter lebih kurang 120 mikrometer.

2.Seperti apa sih kabel serat optik ?

Sebenarnya kabel serat optik terdiri dari 2 bagian inti , yaitu core dan cladding. namun dalam kenyataan serat optik memiliki dua lapisan lagi yaitu bauffer dan jacket.

Core : core merupakan inti dari serat optik, dimana cahaya akan merambat di    dalam core

Clading : Cladding merupakan selubung dari inti (core). Cladding mempunyai indek bias lebih rendah dari pada core akan memantulkan kembali cahaya yang mengarah keluar dari core kembali kedalam core lagi.

Buffer :  Buffer biasanya berbahan plastik. Buffer dapat menambah kekuatan untuk kabel serat optik, walaupun tidak memberikan peningkatan terhadap sifat gelombang pandu optik pada kabel tersebut. Namun lapisan buffer ini dapat menyerap cahaya dan mencegah kemungkinan terjadinya kebocoran cahaya yang keluar dari selubung inti. Serta hal ini dapat juga mengurangi cakap silang (cross talk) yang mungkin terjadi.

Jacket : Jacket ini berfungsi untuk melindungi serat optik dari keadaan lingkungan, cuaca, dan tekukan.

Teknologi fiber optik terbagi atas dua kategori umum, yaitu :
1.Single Mode Fiber Optic

Disingle mode ini hanya terdapat satu indeks sinar tanpa terpantul yang merambat sepanjang media tersebut dibentang. Satu buah sinar yang tidak terpantul di mediaoptik tersebut membuat teknologi fiber optik yang satu ini hanya sedikit mengalamigangguan dalam perjalanannya. Itupun lebih banyak gangguan yang bersifat dari luar maupun gangguan fisik saja. Ini core serat fibernya cukup kecil yaitu sekitar 8 sampai10 mikrometer. Sinar yang dapat lewat hanya yang memilki panjang 1310 atau 1550nanometer.Single mode dapat membawa data dengan bandwith yang lebih besar dibandingkan multi fiber optik. Tapi teknologi ini membutuhkan sumber cahayadengan lebar spektral yang sangat kecil pula dan ini berarti sistem yang mahal.Kecepatannya bisa mencapai 50 kali multi mode tapi tentu saja biayanya lebih besar.Karena core yang kecil ini juga makanya single mode ini bisa menguragi gangguanakibat overlapping dan distorsi.
2.Multi Mode Fiber Optic

Di multi mode ini terdapat banyak indeks cahaya dengan pantulansepanjang media tersebut terbentang. Kemudian di akhir lintasan tidak semua laser sampai di tempat tujuan secara serentak. Ada yang memantul balik. Hal inilah yangmembuat bandwith multi mode lebih terbatas. Namun biaya yang diperlukan lebihmurah karena laser yang digunakan tidak seperti dalam single mode

Keuntungan Kabel Serat Optik

di awal tadi saya bilang bahwa sekarang banyak yang menggunaka kabel serat optik, berikut keuntungan menggunakan kabel serat optik :

1.)Murah : jika dibandingkan dengan kabel tembaga dalam panjang yang sama.

2.)Lebih tipis: mempunyai diameter yang lebih kecil daripada kabel tembaga.

3.)Sinyal degradasi lebih kecil.
4.)Tidak mudah terbakar : tidak mengalirkan listrik.
5.)Fleksibe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s