karakteristik cahaya dan suara

System Televisi  (TV) bisa mewujudkan penglihatan (+pendengaran) jarak jauh.pristiwa,kejadian atau acara tv dapat disakasikan secara live maupun rekaman sebelumnya

INTENSITAS CAHAYA PADA GAMBAR

● Intensitas cahaya :
● 0 dB (sangat gelap) – 110 dB (sangat terang)
● Warna (spektrum cahaya yang terlihat, visible lights) :
● Warna pelangi : Me-ji-ku-hi-bi-ni-u
● Gambar (scene) :
● Terdiri atas : variasi intensitas cahaya, warna, dan
citranya (image)
● Laju variasi intensitas cahaya pada TV : 0 – 5 MHz

IMAGE

● Mata “merasakan” variasi cahaya dan
membentuk citra/gambar 2D di retina
● Dengan prinsip kerja yang sama, citra itu
bisa ditangkap (capture) oleh sensor
cahaya di kamera TV
● Mata ≈ Kamera
● Retina ≈ Sensor cahaya

ASPECT RATIO

● Perbandingan antara lebar(w) dan tinggi (h) frame
● TV standar → 4:3, HDTV → 16:9
● Ukuran layar TV (inch) merupakan panjang diagonalnya

PIKSEL

● Pixel = picture element = pel
= unsur gambar
● Bagian terkecil gambar,
biasanya berbentuk dot
(bulatan) atau kotak
● Gambar merupakan array
(grid atau kisi-kisi) pikse

DETAIL DAN RESOLUSI

● Resolusi kemampuan melihat → detail halus suatu gambar
● Resolusi yang lebih tinggi menunjukkan kualitas gambar yang lebih
bagus (halus)
● Resolusi berkaitan dengan frekuensi intensitas cahaya dari 0 (dc,
tidak ada perubahan intensitas) sampai 5 MHz (maksimum, pikselpiksel
yang berdekatan selalu berubah intensitasnya)
● Sharpness → ketajaman gambar → definisi/resolusi yang bagus di
batas/ujung gambar

Perbandingan Resolusi

VIEWING DISTANCE

● Resolusi mata : 1/600 (1 mnt)
● > 1/600 → visible
● < 1/600 → merge
● S → gap minimum antar
piksel
● D = 6 – 8 x tinggi layar (TV
standar)
● D = 3 – 4 x tinggi layar (HDTV)

Soal perhitungan jarak
minimum dan jumlah piksel TV

PERSISTENCE OF VISION


● Sifat mata yang masih terus melihat suatu objek
selama 60 ms setelah objek tersebut dipindahkan
dari pandangan
● Menyebabkan mata bisa melihat secara kontinyu
tayangan gambar bergerak (perubahan gambar
lebih cepat dari 60 ms)

FLICKER

● Waktu PoV → lebih singkat pada gambar yang
terang
● Interval gelap antar gambar terang terlihat dalam
waktu yang sangat singkat → flicker (kedipan
gambar)
● Cara mengatasi flicker :
● Frame rate ditingkatkan → bw naik
● Teknik Interlaced scanning → field rate, bw tdk naik

untuk lebih lengkapnya download pptnya disini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s